Skip to main content

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Untuk kalian yang stress dengan suasana kota, khususnya jakarta , pulau kelapa bisa menjadi tujuan destinasi liburan yang mantap. Pulau kelapa bisa di bilang pulau berpenduduk yang berada paling ujung di kepulauan seribu. Untuk menuju kesini kalian bisa naik kapal dari pelabuhan muara angke pluit jakarta utara.

Go to pelabuhan muara angke
Ada banyak cara untuk menuju kesana, jika naik kendaraan umum kamu bisa naik angkot 01 dari grogol jurusan grogol - angke, jika dari kota kamu bisa naik kopami 02 warna biru. untuk ongkosnya, kisaran Rp.5000 jika naik angkot, Rp.4000 jika naik kopami. Untuk yang naik kopami biasanya suka di oper lagi ke angkot, jadi kamu tidak di antar ke muara angke, ya kalau kamu beruntung mungkin akan di antar ke muara angke wkwkwk.

Untuk pemberhentian angkutan umum akan berhenti di terminal muara angke. Dari terminal kamu masih harus jalan kaki menuju pelabuhan.

Ada dua alternatif untuk menuju pelabuhan, yang lama atau yang cepat !

Jalan yang cepat kamu bisa memotong jalan lewat tempat pelelangan ikan, kondisi rute becek dan bau amis, hati hati kepleset yah. Bisa di tempuh kurang lebih 15 menit jika jalan mu cepat.

Jalan memutar lumayan jauh, tapi jalannya gak separah jalan alternatif di atas, biasanya jalan ini di lalui bagi yang bawa kendaraan pribadi atau naik ojek.

Jika kamu berjiwa petualang saranku lewatlah jalan pelelangan ikan, karena akan terasa seru dan berkesan hihihihiiiii

Oiii pesan tiket kapal dulu
Dalam satu hari, pelabuhan hanya menyediakan 1x jadwal keberangkatan dari angke ke pulau. Dan 1x jadwal pulang dari pulau ke angke. Jam keberangkatan dari angke adalah pukul 08:00 wib, dan untuk jam pulang adalah pukul 13:00 wib. Sebelum kamu menaiki kapal, sebelumnya kamu harus memesan tiket terlebih dahulu 1 jam dari keberangkatan kapal. Jadi jika kapal berangkat jam 8 maka kamu harus pesan tiket pukul 7, dan jika kapal berangkat pukul 13 maka kamu harus pesan tiket pukul 12 hehehe.

Kapal yang tersedia terbagi menjadi 2, kapal boot dan kapal kayu. Dari kedua kapal tersebut untuk masalah harga keduanya sama, sekali berangkat Rp.54.000. Perbedaannya terletak dari kecepatan dan kapasitas tampung.

Untuk kapal boot hanya bisa membawa 26 penumpang saja, untuk menuju pulau kelapa hanya memerlukan waktu 1-2 jam saja.

Untuk kapal boot aku kurang tau berapa penumpang yang dapat dia tampung, intinya lebih dari 26 orang, karena kapalnya besar. Untuk menuju pulau kelapa, kapal ini memerlukan waktu 3-4 jam, lumayan lama yah hehehe.

Loket akan di muara angke buka pukul 06:30 sampai 07:30, buka hanya 1 jam saja. Jangan lupa ambil kartu antrian yah hihihihii.

Saran ku jika kamu mau pergi, pukul 06:30 harus sudah ada di pelabuhan, tujuannya buat menyiasati antrian, apalagi jika kamu yang punya niat berangkat di hari jum'at atau sabtu, pasti bakalan antri tuh.  Karena rata-rata orang yang akan berlibur ke pulau berangkatnya di hari jum'at atau sabtu, dan akan pulang di hari minggu atau senin. Kalau di hari minggu biasanya gak terlalu antri sih hihihiii.

Milih tempat duduknya
Aku hanya akan membahas yang di kapal boot aja, karena jujur saja aku belum pernah naik kapal kayu wkwkwk.
Untuk kalian yang suka dengan hentakan dan gak gampang mual duduklah di barisan paling depan, coba rasakan sensanya hehehe. Aku gak bakal ceritain rasanya kyk gimana, biarlah itu kamu yang langsung rasain sendiri. Intinya bagi yang orangnya suka kagetan dan suka cepet mual jangan coba-coba duduk di barisan paling depan hehehe. Bagi yang suka cepet mual saran duduk di barisan tengah atau belakang :D.

Ada apa di pulau kelapa ?

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Pulau kelapa terdiki dari 2 pulau, yaitu pulau kelapa 1 dan pulau kelapa 2. Bagi kamu yang mau memutuskan untuk menginap, disana banyak penginapan. Atau jika kamu bingung cari penginapan coba datanglah ke pulau kelapa 2. Disana terdapat kantor kementrian kehutanan kepulauan seribu. Kantor kementrian punya penginapan yang bisa kamu sewa. Disana hanya terdapat 3 kamar saja, jadi siapa cepat dia dapat itu mah hehehe. menariknya, disana kamu bisa melihat penangkaran penyu sisik dan penyu hijau. selain itu disana juga terdapat bibit bakau yang segaja di budidaya yang nantinya akan di sebar dan di tanam ke penjuru pulau.

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Untuk penginapan tidak ada patokan harga. Kata salah satu staff di sana, untuk harga bebas terserah anda, asalkan bisa menutupi biaya listrik nya aja, karena di tiap ada AC-nya. Penginapan di sewakan perkamar bukan per satu rumah wkwk.

Oh iya sampai lupa, untuk menuju ke kelapa 2 kamu harus menyebrang pakai ojek kapal, biaya-nya hanya 4000 per orang, perjalanan 5 sampai 7 menit saja.

Lalu selain itu, kamu bisa nikmatin pantai-nya yang indah, karena pulau kelapa merupakan pulau berpenduduk yang paling jauh. Selain itu kamu juga bisa main ke pulau harapan, di pulau harapan kamu bisa main ke taman, untuk namanya aku lupa, pokoknya taman itu ramai sekali di kunjungin para wisatawan hehehe.

*) pulau kelapa 1 dan pulau harapan itu menyatu.

Jika kamu ingin menyelam, di kantor kementrian kehutanan tersedia alatnya, tapi mohon maaf, itu di sewakan. Alatnya lengkap.

Jika mau murah, kamu bisa ambil paket aja, harganya 300 ribu per orang, itu sudah termasuk menyelam dan kamu akan di ajak jalan jalan naik kapal ke pulau pulau wisata yang ada disana.

Kamu hobi berkemah gak ?
Untuk kalian yang hobi berkemah, ada satu pulau yang memang di sedian oleh ppengelola taman nasional kepulauan seribu, namanya pulau semak daun. Pulau semak daun merupakan pulau yang tak berpenghuni. Catat, pulau yang boleh di kemahi hanya pulau semak daun, jika kamu kemah di pulau selain pulau semak daun kamu akan kena sangsi.

Untuk menuju ke semak daun kamu harus ke pulau pramuka terlebih dahulu, baru setelah itu kamu harus menyewa kapal. Harganya 300 sampai 400 ribu tergantung kamu nego-nya kyk gimana.

Mungkin sekian dulu, artikel ini merupakan catatan perjalanan ku waktu aku berkunjung ke pulau kelapa.

Comments